Inilah Deretan Mobil Karya Anak Bangsa, Kita Patut Bangga

Mobil Buatan Indonesia

Inilah deretan mobil karya anak bangsa, kita patut bangga! Jika bersangkutan dengan bidang otomotif, Indonesia terkenal akan segi konsumtifnya yang tinggi terhadap kepemilikan sebuah alat transportasi ini. Menariknya, Indonesia sebenarnya tak hanya berlaku sebagai pengguna merk otomotif luaran. Sebelumnya, banyak jenis kendaraan roda empat yang yang berhasil diciptakan oleh Indonesia sebagai mobil nasional.

Jika kita cari tahu secara benar, ada berbagai jenis mobil yang berhasil diciptakan sendiri oleh kreatifitas anak bangsa. Dengan daya saing otomotif yang kuat di luaran sana, tak menjadikan anak bangsa putus asa. Namun mereka memiliki semangat yang kuat sehingga terus merangkak menciptakan brand khas milik sendiri yang siap dipasarkan dan dipakai. Untuk itu, ada baiknya kita simak dan ketahui berbagai jenis mobil karya anak bangsa yang pernah diciptakan dulu hingga terbaru saat ini.

Esemka

Seperti yang kita tahu bahwa Esemka merupakan salah satu brand mobil asli Indonesia yang tengah populer saat pertamakali kemunculannya. Kendaraan ini diciptakan oleh para siswa SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan, yang melakukan kerjasama dengan perusahaan lokal, nasional, serta institusi dalam negeri. Sehingga mereka dapat berkolaborasi dengan baik serta menciptakan sebuah karya yang mampu membuat Indonesia kembali bangkit dalam produksi di sektor otomotif.

Jika dilihat dari standar dan bentuk fisiknya, mobil karya anak bangsa ini sudah dapat disandingkan dengan merk luar. Ada berbagai jenis kendaraan Esemka yang diciptakan seperti pick up double maupun single cabin, sedan, van, hingga SUV.

Tawon

Selanjutnya ada mobil dengan nama brand Tawon, yang dibuat dengan memiliki 4 seat. Mobil produkan PT Super Grasindo ini memiliki tampilan sederhana yang disebut-sebut dapat menggantikan posisi bajaj yang secara khusus dapat dioperasikan di daerah Jakarta, maupun sebagai mobil pribadi. Mobil berkapasitas 650 cc ini memiliki kesepatan hingga 85 km/jam.

Nuri

Mobil Nuri masih berada dalam satu produksi dengan Tawon. Mobil yang dengan kapasitas 800 cc ini diketahui resmi diperkenalkan pada sekitar tahun 2010. Mobil karya anak bangsa ini didesain dengan lebih sederhana, namun ia memiliki hatchback 5 pintu.

Maleo

Sebelum adanya berbagai mobil yang terbilang dibuat pada baru-baru ini, anak bangsa telah mampu menciptakan mobil dengan nama Maleo. Pada tahun 1996, mantan Menristek BJ Habibie secara langsung ikut turun tangan dalam membidani perancangan mobil ini. Dengan kerja sama bersama sebuah perusahaan dari Australia, mereka berhasil menciptakan mobil dengan kapasitas 1200 cc ini. Bahkan karena dapat dibilang sebagai pelopor mobil nasional generasi awal, dulu kendaraan ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 30 juta.

Bimantara

Penciptaan mobil karya anak bangsa lainnya pun sebelumnya memang sudah ada. Dalam upaya merancang mobil nasional Indonesia, dulu putra mantan Presiden Soeharto yang bernama Bambang Trihatmodjo diketahui bekerja sama dengan perusahaan otomotif ternama dari Korea Selatan, yaitu Hyundai. Sehingga pada waktu itu muncullah produksi mobil yang bernama Bimantara dengan dua model mobil lainnya, Nenggala dan Cakra.

GEA

Indonesia pernah memproduksi jenis mobil bernama GEA (Gulirkan Energi Alternatif). Mobil ini dikenal ramah lingkungan karena memakai bahan bakar gas. Dengan desainnya yang sederhana, ia memiliki jarak tempuh 85 km/jam dengan kapasitas 650 cc.

Itulah berbagai daftar mobil karya anak bangsa yang pernah dibuat, bahkan beberapa diantaranya sudah sampai pada tahap produksi yang cukup banyak.

Tulisan ini dipublikasikan di Bisnis, Tips. Tandai permalink.