Wajib Diketahui Beberapa Alasan Bus Jarang Mematikan Mesin Saat Berhenti

Bus

Wajib diketahui beberapa alasan bus jarang mematikan mesin saat berhenti! Ketika kamu sedang berjalan melewati sebuah terminal bus, pasti kamu akan melihat banyak sekali mobil bus yang berjejer rapi saat berhenti. Namun ada perbedaaan yang cukup terlihat dari pemandangan tersebut, yaitu mobil bus tidak akan pernah mematikan mesinnya meskipun ia berhenti hampir satu jam lamanya.

Ada beberapa alasan bus jarang mematikan mesin yang bisa kamu ketahui sehingga bisa menghilangkan rasa penasaran yang ada pada dirimu. Berikut beberapa alasan utama yang bisa menjadi acuan dan membuat kamu memahaminya tentang hal tersebut.

Mesin Diesel Turbo Yang Sensitif

Saat ini mesin diesel pada bus sudah menggunakan turbo sehingga membuat ia akan menjadi sensitif jika terus dinonaktifkan atau diaktifkan terlalu sering. Hal ini akan berdampak pada turbo itu sendiri yang mana akan menjadi rusak atau rontok jika di nonaktifkan padahal bus akan melakukan perjalanan yang sangat jauh. Sehingga agar start engine bisa tetap berjalan dengan baik, jangan pernah untuk menonaktifkan mesin diesel bus agar tetap stabil dan melalui perjalanan dengan lancar.

Mesin Diesel Memerlukan Kompresi Padat dan Suhu Panas

Alasan bus jarang mematikan mesin selanjutnya masih berkaitan dengan mesin diesel yang mana mesin tersebut membutuhkan kompresi yang cukup padat. Bukan hanya itu saja, suhu panas juga diperlukan agar semua mesin di dalam bus bisa berjalan dan beroperasi dengan baik.

Hal ini tentu saja berbeda dengan mobil yang menggunakan bensin karena ketika berhenti mereka harus mematikan mesin agar mendapatkan suhu yang dingin. Sehingga jika proses suhu panas pada mobil bus tidak merata, maka akan berpengaruh pada turbo dan menyebabkan ia tidak bisa berjalan atau bekerja dengan semestinya.

Rem Angin Membutuhkan Tekanan Udara Stabil

Alasan bus jarang mematikan mesin berikutnya adalah karena rem angin pada bus akan membutuhkan udara yang stabil pada saat akan berjalan kembali. Tentu saja mematikan mesin sebelum kembali berjalan, merupakan sebuah hal yang tabu dan jangan pernah dilakukan karena akan berakibat pada turbo dan membuatnya harus mengisi tekanan udara kembali dengan waktu yang cukup lama.

Sehingga perjalanan akan terganggu dan membuat para penumpang harus menunggu dengan waktu lama hingga terasa kesal. Itulah sebabnya bus tidak pernah berhenti terlalu lama dan akan kembali melaju jika jadwalnya sudah waktunya untuk melaju kembali.

AC (Air Conditioner) Tetap Berjalan

Alasan bus jarang mematikan mesin saat sedang berhenti di pinggir jalan atau sedang mengisi bahan bakar selanjutnya adalah demi kenyamanan para penumpang sendiri. Jika mesin bus diberhentikan, secara otomatis AC yang ada di dalam kabin bus tidak bisa bekerja dan mati seketika. Sehingga supir bus tidak diperbolehkan memberhentikan mesinnya kecuali jika sudah tidak menarik penumpang dan waktunya untuk beristirahat.

Beberapa alasan yang mengungkapkan bahwa mesin bus memang tidak pernah dimatikan saat sedang berhenti kini sudah kamu ketahui dengan baik. Sehingga penasaran yang sempat bersemayam di kepalamu sudah hancur seketika dan membuat kamu paham tentang hal tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai alasan bus jarang mematikan mesin pada saat berhenti di pinggir jalan, atau mengisi bahan bakar. Karena bus menggunakan bahan bakar solar, sehingga tidak akan memicu api atau uap panas penyebab kebakaran seperti bensin pada saat ia melakukan pengisian bahan bakar.

Tulisan ini dipublikasikan di Bisnis, Tips. Tandai permalink.